Trik agar Rutin Ngeblog

Posted by in Random, Tips Menulis Blog

Rutin ngeblog

Rutin ngeblog

Tebakanku, kau membuka tulisan ini karena tertarik untuk bisa rutin mengisi blogmu. Mungkin kau frustasi karena blogmu lebih sering kosong dan kau sedang mencari resep ampuh agar bisa bisa lebih sering menulis. Betul?

Selamat, kau mampir di tempat yang tepat. Aku memang ingin berbagi pengalaman untuk bisa rutin mengisi blog.

Untuk menghemat waktumu, langsung saja kuberitahu rahasianya. Jangan kaget, sebenarnya kau sudah tahu rahasia itu hanya saja mungkin terlewat sangking jelasnya. Kau bahkan sudah mempraktekkan rahasia itu sejak kecil. Benar. Aku serius. Untuk kembali mengingatkanmu kuberi petunjuk.

Apa sebab siswa dan mahasiswa RUTIN ke sekolah atau ke kampus? Mereka punya jadwal pelajaran.

Apa sebab pekerja dan buruh RUTIN ke tempat kerja? Mereka punya jadwal/jam kerja.

Apa sebab olahragawan RUTIN berlatih? Mereka punya jadwal latihan.

Ya, rahasianya punya JADWAL. Β (Biar tidak lupa tweet rahasia ini).

Sedikit buka kartu, sebenarnya aku juga baru menemukan rahasia ini beberapa waktu lalu :D. Ini kubocorkan jadwal dan tema ngeblog-ku untuk bulan September 2013

Buat Jadwal agar rutin ngeblog

Buat Jadwal agar rutin ngeblog

Mungkin dua pertanyaan langsung muncul ketika melihat jadwal tersebut:

1) Bagaimana aku tahu seberapa sering menulis?

2) Bagaimana cara menentukan tema?

Baikla kita bahas satu per satu.

1. Berapa Sering?

Seberapa sering kau menulis itu semua terserahmu, yang penting rutin. Saranku buatlah jadwal yang tidak terlalu memberatkan namun cukup menantang. Setiap hari, dua hari sekali, tiga hari sekali, seminggu sekali, rasanya cukup menantang. Kecuali kau memang ingin mengisi dengan artikel yang berat, saranku jangan lebih dari seminggu sekali.

Percayalah, jika jadwalmu terlalu longgar, kau akan cenderung meremehkannya dan baru mengerjakannya pada detik terakhir. Jadi aku berani mengatakan mengisi blog setiap hari dan sebulan sekali sama beratnya.karena kau akan menuliskannya pada hari terakhir. Sekali lagi hal ini tidak berlaku jika kau berniat menulis hal-hal berat yang butuh riset panjang.

Jadi buatlah jadwal ngeblog-mu. Kau bisa menuliskannya di agenda, di selembar kertas yang ditempel di dinding, atau di program komputer. Terserah. Yang penting kau punya jadwal dan kau berniat untuk mematuhinya.

Jika kau lihat jadwalku, aku sempat beberapa kali gagal menulis. Ya, aku juga masih coba-coba. Mungkin nanti akan aku sesuaikan menjadi dua atau tiga hari sekali. Namun sekarang aku masih tertantang untuk bisa mengisi setiap hari. Kau pun bisa melakukan hal serupa. Paksa dengan jadwal yang paling menantang, lalu sesuaikan dengan kemampuanmu.

2. Tema

Dari mana aku menentukan tema?

Sebelum menjawab pertanyaan itu aku ingin menunjukkan satu hal yang juga sudah sangat terang benderang namun sering terlewatkan.

Kalau kau seorang guru, kau tentu ingin berpenampilan formil dan berbahasa santun di sekolah.

Kalau kau seorang direktur, kau tak mungkin berbahasa alay dan bergaya seperti Vicky di rapat direksi bersama para investor.

Kalau kau kolektor mobil antik, kau pasti ingin pengetahuanmu dikagumi sesama kolektor.

Apa persamaan semua hal tersebut? Image Β sodara-sodara. Di dunia nyata kita semua jaim, menjaga image. Nah, hal tersebut juga berlaku di dunia maya.

Bagaimana kau ingin dikenal orang itu adalah pilihanmu sendiri. Mungkin kau ingin dikenal orang di dunia maya seperti orang mengenalmu di dunia nyata. Namun, jika kau ingin dikenal sebagai sosok berbeda, itu juga sebuah pilihan. Lalu apa hubungannya dengan pemilihan tema untuk menulis? Nah, ini kuncinya. Setelah kau menentukan image yang ingin kau tampilkan, kau akan lebih fokus dan mudah mencari tema.

Misalnya: Jika kau memutuskan untuk dikenal sebagai Pendukung Jokowi dan Pembenci Jengkol, maka tema menulismu akan kau fokuskan tentang Jokowi dengan segala daya tariknya dan jengkol dengan segala hal yang menjijikkannya.

Pencerahan

Satu lagi hal menarik yang ingin kubagikan, setelah punya jadwal dan calon tema yang akan ditulis, kau secara tidak sadar akan lebih fokus membaca. Judul berita dan tulisan yang berhubungan dengan tema yang kau incar, akan segera menarik perhatianmu. Yang pasti kau akan lebih terarah dan tidak terombang-ambing ketika berselancar di Internet.

Bagaimana? Apa kau punya blog yang terlantar? Atau malah punya tips yang lain untuk mengisi blog?

Silakan tulis di kolom komentar.

 

Salam menulis,

 

R.Mailindra